بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

YUK SEDEKAH ROTI TAPOS DEPOK



https://dapoerkoelinerkoe.blogspot.com/2018/12/yuk-sedekah-roti-tapos-depok.html
Sedekah dalam bentuk apa?
Ada pintu surga yang Allah janjikan untuk orang yang rajin bersedekah.
Sedekah itu artinya mau mengeluarkan apa yang dimilikinya untuk orang lain.
Banyak yang mengartikan sedekah harus dengan harta. Banyak yang berhitung bahwa sedekah yang dikeluarkannya, nanti akan hadir kembali dalam tempo cepat dalam harta yang berlipat ganda.
Sedekah banyak macamnya. Allah akan lipatgandakan pahalanya untuk pemberi sedekah. Jika tidak diberi langsung di dunia, maka akan ditunda untuk diberi pada hari akhir kelak sebagai pemberat timbangan amal kebajikan.
Memberi dengan mengharap langsung imbalan, itu artinya pamrih dengan Allah. Ruang ikhlas kita jadi terganti dengan yang lain.
Ada senyum yang bisa kita berikan yang berarti sedekah. Bibir yang ditarik untuk tersenyum dan menyapa orang lain, selain membuat jiwa kita merasa lebih bahagia, orang lain pun akan terkena imbasnya juga.
Pohon-pohon yang bermanfaat bisa kita taruh di luar pagar halaman kita. Di pot atau di tanah yang kecil. Misalnya pohon pandan. Pada bulan Ramadhan kita akan panen pahala, karena banyak ibu-ibu yang membutuhkannya.
Ilmu yang kita punya seperti ilmu memasak, bisa kita bagi juga.
Semua yang kita beri akan kembali kepada kita. Berkah kebaikan akan melimpah untuk kita.
Sedekah Roti juga Bisa
Iya, sedekah bisa apa saja.
Kalau banyak yang menyedekahkan nasi bungkus pada setiap Jumat, saya merasa tidak mampu melakukannya. Maka saya memilih melakukan hal lain.
Hal lain itu dilakukan sambil mengukur kemampuan. Kemampuan tenaga sendiri tentunya.
Saya mulai bisa membuat roti.
Anak-anak dan suami suka. Tetangga yang diberi suka. Tukang warung yang saya beri bilang enak. Jauh lebih enak dari roti yang dijual dua ribuan di warungnya.
Itu yang mulai saya bisa.
Menjualnya? Menitipkan ke warung? Mungkin saya juga bisa.
Tapi saya mau yang lain. Saya ingin bersedekah juga. Saya ingin seperti yang lain juga.
Iya, sedekah roti.
Teman-teman di pengajian setuju dengan usul itu. Dan mulai menambah iuran bulanan, agar bisa menambah sedekah roti seperti rencana.
Saya yang akan berkeliling, dan mereka fokus bantu tenaga membuatnya.
Lalu apa yang ingin saya dapatkan dari sedekah roti ini?
Saya ingin pahala mengalir untuk yang mengajari saya. Saya juga ingin jari jemari saya ketika dimintai pertanggungjawaban kelak, bisa memberi jawaban yang akan memperberat amal kebajikan saya.
Sedekah roti, sedekah pecel, sedekah pohon, sedekah mukena bersih.
Ah sesungguhnya ada banyak ruang untuk itu.
Kalau kita mau berjuang, maka semua pintu kebajikan akan terbuka luas untuk kita. Sungguh.
@nurhayati pujiastuti

Comments

Post a Comment